I K L A N

Mengharukan! Pelayanan Gratis Setiap Jam 8 Malam Di Rumah Sakit Bandara, Hasil Upaya Para 11 Relawan

04 Oct 2023
INSPIRASI

Indopride News - Sempat lama tidak beroperasi, Rumah Sakit Bandara kini telah kembali membuka pelayanannya. Banyak warga datang untuk mendapatkan layanan untuk Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan juga Treatment secara gratis.

Menariknya, yang melayani warga bukan dari pihak EMS melainkan sekumpulan relawan yang menawarkan diri untuk berbakti kepada Kota Indopride. Total Relawan yang bertugas berjumlah 11 orang. Kenneth V Guerra atau biasa disebut Vincent selaku salah satu relawan mengatakan, "Kami sudah terbiasa dalam menangani keluhan para warga karena sebelum bertugas, relawan sudah diberi pelatihan oleh EMS dan dibekali pelatihan khusus juga oleh Dr. Alice," ucapnya. Meskipun begitu, beberapa relawan seperti Kael B Nostra yang merupakan mantan anggota EMS dan mempunyai pengetahuan medis, sehingga tidak perlu melalui pelatihan khusus tersebut.

Kemudian, Vincent juga merasa senang karena bisa lebih berguna karena bisa membantu warga lainnya dengan memberikan pelayanan gratis. "Saya senang berada disini menjalankan tugas baru, daripada hanya jalan-jalan tidak jelas tujuan". Ia pun menghimbau kepada para warga agar selalu menjaga kesehatan, karena lebih baik mencegah daripada mengobati, katanya.

Nelson Zhou, salah satu pimpinan Rumah Sakit juga menekankan bahwa kesebelas relawan ini, meskipun telah melalui proses seleksi dari EMS, awalnya mereka mengajukan dirinya secara sukarela dan kini bertugas tanpa dibayar sepeserpun. Prosedur yang dilakukan oleh para relawan tentunya tidak akan membahayakan pasien, sebab mereka hanya akan melakukan pertolongan pertama. Jadi ketika ada indikasi bahwa pasien memerlukan penanganan lebih lanjut maka akan diteruskan oleh dokter yang lebih berpengalaman. Nelson juga menerangkan, kegiatan ini juga sebagai salah satu bukti bahwa EMS tidak selalu tentang berobat, namun terdapat kegiatan sosial.

Adapun, 11 nama relawan-relawan yang telah berjasa tersebut diantaranya adalah: 1) Kenneth V Guerra, 2) Eko L. Clovish, 3) Santos B Nostra, 4) Kathlyn Scoffield, 5) Edo S. Fury, 6) Shinji Zee Nakamura, 7) Matthew Doll Macias, 8) Micro Cid, 9) Kael B Nostra, 10) Arcanasatya D Satriya, 11) dan Rudolf Clausius

"Belum bisa dipastikan apakah kegiatan spt ini akan berlanjut atau tidak, akan di review terlebih dahulu ke-efektifannya," selanjutnya, Ia menambahkan, "Dengan adanya kegiatan ini, EMS punya harapan walaupun terdapat pengobatan gratis namun warga tetap bisa menjaga kesehatan dirinya."

Banyak warga merasa terbantu dengan adanya pelayanan gratis ini, "Ini merupakan program yang sangat menarik dan semoga bisa berlanjut setiap bulannya karena bisa menghemat biaya berobat juga hehe," ucap salah satu warga yang berada di RS. Bandara.

Demikian, para relawan tersebut akan melakukan pengabdian ke masyarakat selama 1 minggu, yaitu tanggal 2-8 Oktober 2023, dimulai dari pukul 20.00-24.00 WIB jam Internasional. Yang dimana, pasien yang berobat ke Rumah Sakit Bandara tidak akan dipungut biaya sepeserpun, alias gratis!

(red/OntoHood, Martil)

Photographer: Jennie

Editor: Nevix


Komentar (0)


Tidak Ada Komentar

IKLAN